Dinas Perikanan Cilacap Tebar 60 Ribu Ekor Benih Ikan di Madusari

Di akhir tahun anggaran 2017 ini, Dinas Perikanan Cilacap memberikan bantuan 60 ribu benih ikan nilem ukuran 3-7 cm diperiran umum Sungsi Cibaganjing, Ciupas dan Cibalukbuk Desa Madusari, Kecamatan Wanareja.

Penaburan ini dimaksudkan untuk ikut melestarikan sumberdaya ikan diperairan umum.

“Karena itu kami berharap warga di Madudari ikut melestarikannya, sebab kalau besar dan tidak punah oleh pengrusakan dengan cara meracun atau menyetrum, dikemudian hari akan menjadi sumber protein yg dibutuhkan masyarakat, ” kata Ir. Nanang, Kepala Bidang Sumberdaya Ikan usai penebaran benih bersama Kepala Desa Madusari dan perwakilan masyarakat dari Dusun Cipicung, Cimalati, Ciupas dan Banjarwaru di area Bendung Banen, Cibaganjing.

Penebaran juga dilakukan di dekat Bendung Cangkuang, Cimalati, Taritih Ciupas dan Karangasem Banjarwaru. Dari 60 ribu itu terbanyak untuk Cibaganjing sekitar 30 ribu ekor, Ciupas 15 ribu dan Cibalukbuk 15 ribu ekor disaksikan para kadus setempat.

Setelah acara usai, langsung diadakan sosialisasi dan pembentukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pok MasWas). Disepakati pokwasmas di Madusari dinamai Pokwasmas Tirta Lestari dengan ketua Bp Eman Natasuara. Dibantu beberapa seksi utamanya seksi keamanan di setiap dusun ada wakilnya.

Semoga dengan dibentuknya Pikmaswas Tirta Lestari ini, sungai sungai di desa Madusari bisa lestari dari kepunahan ikannya akubat pengambilan yg merusak biota air seperti disetrum dan diracun kimia. Setelah ini kami akan membuat Perdes Perikanan sebelumnya sanksi sesuai UU Perikanan. Jadi Pokmaswas ini, seperti Satpil PP yg akan diatur di Perdes,” kata Yoes Sachri, Kades Madusari.

Karenanya dgn bantuan benih ikan tersebut diharapkan sungai sungai di Madusari kembali banyak ikannya seperti jaman dahulu. Dinas Perikanan juga berjanji akan memberikan bantuan yg diminta dari Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pikdakan) yg sudah ada dan mengajukan proposal untuk budidaya ikan. (chr)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *