BTS Berdiri, Sinyal Hape Tak Susah Lagi

Perkembangan teknologi selular telah menjadikan komunikasi menggunakan ponsel menjadi bagian dari keseharian warga Desa Madusari. Telepon dan sms bahkan internet melalui ponsel tak lagi asing bagi sebagian masyarakat, baik muda maupun tua. Sayangnya hingga awal tahun 2010-an, sinyal ponsel seluruh operator di Madusari, masih terbilang sangat terbatas. Ketika di desa tengga seperti Desa Madura sudah dapat menikmati kencangnya 3G, di Madusari masih harus berjibaku mencari sinyal dan jika beruntung pun hanya dapat singyal 2G – EDGE.

madusari - tower bts selular rw 5 cimalati

Hingga akhirnya pada tahun 2013 berdiri dan beroperasi sebuah base transceiver station (BTS) di RW 05 Dusun Cimalati, Desa Madusari. BTS tersebut tampaknya tidak hanya digunakan oleh satu provider selular, karena setelah BTS tersebut beroperasi, kini, sinyal ponsel dengan operator Telkomsel, Indosat maupun XL, sudah cukup kencang di seluruh kawasan Madusari.

“Dulu untuk telpon saja susahnya minta ampun, sekarang alhamdulillah sudah mudah, tak perlu harus nyari sinyal keluar rumah, sekarang internetan, bbm-an di dalam rumah pun bisa” ujar Reni, salah seorang warga RT 03/10 Dusun Cimalati yang tinggal cukup jauh dari lokasi BTS.

Sebagian besar warga memang masih memanfaatkan ponsel untuk komunikasi, telepon dan sms, karena memang perangkat ponsel mereka adalah feature phone. Namun demikian, saat ini terus bertambah pemilik ponsel pintar, sehingga kemudahan sinyal ini dapat dimanfaatkan untuk komunikasi data, baik pesan instant, sosial media maupun akses internet.

madusari - kades yoes sachri edit website pakai hp

“Saya sendiri, bisa mengelola website dan aktif di sosial media hanya melalui ponsel saja, lebih cepat dan ga ribet” ujar Yoes Sachri, Kepala Desa Madusari, yang juga pengguna ponsel pintar.

Semoga keberadaan BTS dan kencangnya sinyal selular di Madusari dapat memacu pertumbuhan produktivitas masyarakat didukung kecanggihan teknologi ponsel dan kelancaran komunikasi warga desa dengan warga lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *