Rayakan Idul Fitri, Semua Warga Bermaafan

CIMALATI – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Fitri tahun ini, serempak diikuti seluruh umat muslim di Indonesia, sesuai dengan keputusan Menteri Agama RI, yakni hari Jumat, 17 Juli 2015. Setelah mendengar keputusan pemerintah tersebut, warga Desa Madusari bersama-sama menyambut gembira Idul Fitri dengan mengumandangkan takbir mulai Kamis malam (16/7) hingga pelaksanaan Idul Fitri, Jumat pagi.

“Semua warga, baik yang menetap di desa maupun para perantau yang mudik dari kota, berkumpul melakukan sholat ied di beberapa titik, lapangan dan jalan raya di masing-masing dusun” ujar Yoes Sachri, Kepala Desa Madusari.

Seperti yang terlihat di Jalan Raya Madura-Tambaksari Km. 3 depan SDN Madusari 01, jalan sepanjang 500 m ditutup untuk tempat sholat ied kaum pria, sedangkan halaman SDN Madusari 01 digunakan untuk area sholat ied kaum perempuan. Seluruh jamaah tampak khusyuk dan tertib mengikuti semua prosesi sholat ied yang diawali dengan sambutan Bupati Cilacap, serta laporan pelaksanaan zakat fitrah.

“Alhamdulillah, hari ini cuacanya cukup sejuk. Sholat ied dimulai jam 7 pas, sehingga jamaah masih dalam kondisi sejuk” ujar Suryanto, salah satu warga Cimalati, yang mudik dari Jakarta.

Setelah selesai sholat ied, seluruh warga berbaris rapi menunggu giliran bersalaman dengan sesama warga, dimana imam sholat ied diikuti para tokoh masyarakat dan desa berjalan memutar ke seluruh barisan warga. Mereka saling bermaafan, bahkan tak jarang hingga meneteskan air mata haru, berpelukan sesama keluarga, tetangga dan saudara yang selama ini jarang berjumpa. Suasana idul fitri terasa hidmat dan penuh kekeluargaan.

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *