Sambut Ramadhan, Warga Bersih Makam

CIGUHA – Seperti telah menjadi budaya, setiap menjelang bulan Ramadhan, warga Desa Madusari di berbagai kawasan bersama-sama melakukan kerja bakti, membersihkan area pemakaman umum terdekat di wilayahnya. Salah satunya, seperti yang terlihat di RW 10 Dusun Cimalati, hari Minggu (14/6) puluhan warga berduyun-duyun mendatangi area pemakaman umum Ciguha, untuk membersihkan area tempat dimakamkannya sanak keluarga mereka.

Tampak : warga bersemangat membersihkan pemakaman.
Tampak : warga bersemangat membersihkan pemakaman.

“Disini kan tempat karuhun (orang tua, sanak family-red) kami, jadi setiap mau puasa, ya harus dibersihkan, orang sini nyebutnya munggah, menyambut bulan ramadhan” ujar Dasirah, salah satu warga RT 02/10.

Seluruh warga tampak antusias bekerjasama membersihkan pemakaman ini, sejak pagi. Tidak hanya orang tua, anak-anakpun banyak yang ikut serta, bahkan para sesepuh yang usianya sudah lanjut pun tak ketinggalan. Mereka membersihkan makam masing-masing keluarganya, menyiangi rumut di sektiar makam serta membakar ranting dan dedaunan kering yang selama sekitar setahun terakhir ini tidak pernah dibersihkan. Kerja bakti selesai menjelang waktu dhuhur, siang harinya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *