Dana Desa dari Pusat Belum Turun

091

Mengutip Jpnn.com tentang pemerintah pusat akan menyalurkan dana desa sebesar Rp 20 triliun pada April 2015. Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar, berharap tiap desa diharapkan dapat memaksimalkan penggunaannya. Contohnya, membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan membangun sejumlah infrastruktur dasar, seperti jalan kampung, irigasi, air bersih, dan lainnya yang bermanfaat bagi warga desa. Bagaimana di Desa Madusari?

065

Pemdes Madusari bercerita pada Juni 2015 bahwa sumber pendanaan desa yang sudah turun dari Alokasi Dana Desa (ADD) kabupaten dan provinsi, yang dari pusat belum turun. Nominal ADD sebanyak 461.000.000 (kabupaten) dan 40.000.000 (provinsi). Sementara Dana Alokasi Desa (DAD) sebanyak Rp 298.000.000 belum turun.

Menurut Kepala Desa Madusari, dana yang dari provinsi digunakan untuk pembangunan sarana prasarana dasar, yaitu membangun jembatan Kali Ciupas yang saat ini rusak berat dan tidak bisa dilalui di Rt 2 Rw 3 Dusun Ciupas. Masyarakat siap bergotong-royong swadaya tenaga.