Bendung Cidatar Direhab untuk Airi Sawah Cikidang-Cikoneng

CIPICUNG – Setelah tertunda sekitar dua (2) bulan karena terganggu cuaca buruk, awal pekan ini projek rehabilitasi Bendung Cidatar dikerjakan. Dengan bentang 10 meter, tinggi 2 meter serta talud penguat di kanan kiri yang membenteng 20 meter sepanjang saluran air ke luar bendung. Harapannya, suplai air irigasi ke sawah Blok Cikidang – Cikoneng menjadi lancar.

Penanggung jawab pekerjaan yang berasal dari dana hibah APBD Perubahan 2013 itu adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Madusari dibantu panitia dari Dusun Cipicung. “Ulu-ulu irigasi dilibatkan dalam pembangunan karena dia yang mengetahui langsung manfaat bangunan ini,” ujar Kadus Cipicung Saprudin.

Diharapkan dalam dua pekan pekerjaan selesai dan akan dilaporkan kepada Bagian Pembangunan Pemkab Cilacap melalui Camat Wanareja. Secara teknis, Tim Pengendali Hibah Daerah Desa Madusari yang diketuai Staf Bagian Pembangunan Kecamatan Wanareja akan mengukur hasil pembangunan tersebut.

Hibah lain untuk Madusari tahun 2013, yaitu Pembangunan Rabat Beton RW 10, Talud Balai Desa. Pemdes merencanakan pembangunan tahun 2014, yaitu Pembangunan Rabat Beton Rt 02 dan 03 Rw 10 ; Talud RW 2 ; Rabat Baton RT 2 RW 4 ; Rehab Bendung Rw 10 ; dan Rabat Beton Rt 2 Rw 2.

Desa Madusari juga melaksanakan program pembangunan lain yang didanai bantuan provinsi sebesar empat puluh (40) juta. Pembangunan tersebut adalah Rehab aspal jalan Rt 1 Rw 11 ; Rabat Beton Rt 1 Rw 12 ; dan perbaikan saluran irigasi Ciguha, Andipura, dan Cibentang. Selain itu, panitia masih menentukan lokasi dam/ bendung di Sungai Cibaganjing senilai Rp 2,1 miliar dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. (chr)

 

C008A011A

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *