Hama Wereng Serang 227 Hektar Sawah di Madusari

petani siap menyemprot wereng
petani siap menyemprot wereng

CIPICUNG – Serangan hama wereng cokelat di Desa Madusari cukup mengkhawatirkan. Sekitar 227,51 hektar sawah terserang hama tersebut, tersebar dalam empat (4) dusun yang tergabung dalam tujuh (7) kelompok tani. Para petani menyemprot hama kemarin secara bersamaan. Kelompok tani menyemprotkan obat hama sebanyak 50 liter dari Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman Pangan Wilayah Banyumas pada areal persawahan.

Hamparan sawah yang parah  terserang wereng
Hamparan sawah yang parah terserang wereng

Bantuan obat pembasmi wereng itu diperoleh setelah Kepala Desa Madusari menugaskan Petugas Teknis Lapangan (PTL) Pamong Tani, Hadia membawa surat permohonan bantuan obat pengendalian hama wereng kepada Kepala Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman Pangan Wilayah Banyumas di Jatilawang pada Rabu lalu. Bantuan disetujui sebanyak 50 liter obat dan dibagi kepada 7 Kelompok Tani.

Petani siap membagikan obat bantuan
Petani siap membagikan obat bantuan

PPL Wanareja, Nina yang ditemui di sela penyemprotan hama wereng di hamparan Cipicung berharap bantuan itu hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin, khususnya bagi tanaman padi yang belum terserang secara merata. “Kalau kurang ya ajukan lagi,” ujarnya.

seorang petani betugas membagi obat agar merata dan adil
seorang petani betugas membagi obat agar merata dan adil

Hasil pengamatan, areal sawah yang parah diserang wereng ada di Cipicung, kondisinya rusak berat dan puso. Blok Omah Rubak, Nutug Cipamanukan, Blok Lame Kanyere, dan Blok Kaomeran mulai terserang. (chr)

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *