Madusari Menyembelih 7 Sapi dan 20 Kambing

CIMALATI (MADUSARI ONLINE) – Dalam perayaan Idul Adha tahun ini, jumlah hewan kurban di Desa Madusari sebanyak 7 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Usai sembahyang Ied di masing-masing dusun, warga langsung menyembelih hewan kurban.

kurban1Kadus Dusun Cimalati, Diding Warsidi bercerita kepada kontributor Madusari Online, yakni tahun ini Dusun Cimalati menyembelih 2 ekor sapi dan 10 ekor kambing. “Ini hampir merata di masing-maisng Rt ada yang berqurban. Mudah-mudahan tahun depan, kesadaran warga kami untuk bekurban meningkat lagi,” ungkapnya.

Sedangkan, di Dusun Cipicung menurut keterangan Ono Carwono Sekretaris BPD Madusari, di wilayahnya sedikitnya ada 4 ekor sapi kurban, belum termasuk laporan dari Rw 12. Menurutnya, warga Rw 11 berkurban 3 ekor sapi dan di Rw 13 sebanyak 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Data tersebut dibenarkan Kadus Dusun Cipicung, Saprudin yang dihubungi terpisah. Dia menambahkan data, yaitu warga Rw 12 ada yang kurban kambing. “Kami belum menerima rincian jumlahnya dari kayim,” katanya.

KURBAN1Dusun Banjarwaru juga tidak mau ketinggalan. Menurut Kadus Riyanto, mereka menyembelih 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Dusun yang paling kecil di Madusari itu terdiri 2 Rw dan 4 Rt. “Mudah-mudahan tahun depan akan meningkat lagi,” ungkapnya.

Sementara di Dusun Ciupas, menurut keterangan Sekdes Madusari, Ratim Hidayat yang ditemui saat penyembelihan kambing kuban di masjid setempat, di dusunnya tidak ada kurban sapi. Mereka berkurban 3 ekor kambing.

Dari pantauan Madusari Online, pelaksanaan shalat Ied berlangsung tertib. Arus lalu lintas Madura-Tambaksari terkendali. Seusai shalat, jamaah bersalam-salaman.

Warga Madusari yang berkurban sapi biasa berkelompok dalam grup arisan, satu grup 7 orang. Tahun ini, harga sapi sekitar Rp 15.000.000. Sementara, harga kambing di tingkat pedagang eceran pada kisaran Rp 1.300.000 hingga Rp 2.500.000. (chr)

150a

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *