Jembatan Cibaganjing Ditutup untuk Kendaraan Roda Empat

Jembatan Cibaganjing saat ini
Jembatan Cibaganjing saat ini

Jembatan Cibaganjing yang menghubungkan Cipicung dan Ciguha sebagai jalur alternatif Madusari – Dayeuhluhur mulai Senin pekan lalu ditutup untuk kendaraan roda empat. Tujuannya agar memperlancar pekerjaan proyek rehabilitasi jembatan tersebut. Kendaraan roda dua masih bisa melintas karena dibuat jembatan khusus untuk roda dua, meski harus hati-hati.

Pengamatan tim redaktur, di lokasi jembatan, Sabtu ini para pekerja tengah melakukan pembersihan aspal di jembatan tersebut. Jembatan akan menggunakan konstruksi beton sehingga memerlukan waktu sekitar tiga (3) bulan hingga jembatan bisa difungsikan.

Jembatan Cibaganjing dibangun tahun 1982 lalu. Perbaikan jembatan ini satu paket dengan rehabilitasi Jalan Ciguha-Cipicung sepanjang 1.400 meter yang dikerjakan oleh CV Pandanarang, Cilacap. Proyek senilai Rp 800.000.000 mulai dikerjakan awal September. Pengaspalan Jalan Ciguha-Cipicung sudah hampir rampung 100%.

004a

Warga Cipicung yang setiap harinya melintasi jembatan tersebut menyatakan kegembiraannya atas perhatian pemerintah Kabupaten Cilacap dalam membangun sarana prasarana jalan yang berkondisi rusak berat.

“Kami sampaikan terima kasih atas direhabnya jalan dan jembatan ini. Ini sangat membantu kelancaran mobilitas kami warga Cipicung,” ujar Saprudin, Kadus Cipicung.

Hasil perbaikan jalan jembatan tidak hanya dinikmati warga Madusari, tetapi juga warga Desa Ciwalen Dayeuhluhur dan sekitarnya. Jalan ini dilalui angkutan manusia, barang material, dan kegiatan perekonomian lainnya.

Sejumlah proyek pembangunan dilaksanakan Pemdes Madusari, yaitu rehabilitasi Jalan Candipura-Jati, perbaikan jaringan irigasi tersier tingkat usaha tani (JITUT) di Cipicung senilai Rp 100.000.000 dan Rp 169.000.000, JITUT Cimalati senilai Rp 200.000.000, Proyek SRI Klomtan Karya Mukti, pembibitan tanaman holtikultura bagi Kelompok  Wanita Tani Ciupas, Rehabilitasi Bendung sederhana Cidatar blok Cikidang-Cipicung, perbaikan jalan di Rw 4 Ciupas, dan Pembangunan Talud Rw 6 dan Balai Desa.

Berdasarkan anggaran perubahan APBD Cilacap, Pemdes Madusari akan menerima bantuan kambing, perbaikan jalan di Banjarwaru dan Ciguha, jembatan Ciupas, dan pembuatan rabat beton jalan di tiap dusun. Mudah-mudahan, Madusari terus mendapat perhatian dari pemerintah. (chr)

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *