Kades Madusari Kelola Website Pakai HP

Sejak tahun 2013, Desa Madusari telah memiliki website resmi yang beralamat “https://madusari.desa.id”. Namun demikian, karena keterbatasan fasilitas, Pemerintah Desa Madusari mengaku belum optimal mengelola website desa untuk publikasi informasi dan promosi potensi desa. Fasilitas yang dimaksud antara lain, keterbatasan akses internet, yang baru tahun 2015 kantor Desa Madusari memiliki fasilitas akses internet dan wifi.

Selain koneksi internet, mengelola website menggunakan komputer juga ternyata memiliki kendala tersendiri. Kepala Desa Madusari, Yoes Sachri  mengaku sering kesulitan mengunggah gambar ketika posting berita di website desa.

madusari - kades yoes sachri edit website pakai hp

“Saya beberapa kali kesulitan upload gambar tah, kana website. Mohon dibantu biar bisa langsung upload foto dan tulisan dari hape, ga harus buka laptop atau komputer, kelamaan loadingnya” ujar Yoes Sachri, ketika bertemu penulis di sela acara Pembinaan Program PKK (4/2).

Sebagai solusi dari masalah tersebut, Supriyanto, seorang pemuda asal desa Madusari, membantu mengenalkan aplikasi pengelola website desa melalui ponsel pintar. Selama sekitar satu jam, Kades Madusari berlatih menggunakan aplikasi pengelola website tersebut untuk posting artikel dan upload foto langsung dari hp.

Hasilnya, beberapa informasi di awal bulan februari 2016 ini kembali dapat diunggah ke website desa. Sebagian artikel juga sudah dibaca dan dikomentari puluhan pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia. Moderasi komentar pun dapat dilakukan melalui aplikasi pengelola website desa di ponsel pintar.

12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *